Cara Cek Kondisi Mobil Bagi yang Beli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih


0

Beli mobil bekas itu sebenarnya susah – susah gampang. Jika Anda paham tentang ilmu mesin, check body dan surat – surat kelengkapan kendaraan tentu Anda tidak akan mudah tertipu ketika membeli mobil bekas.

Akan tetapi jika Anda adalah orang awam yang memang tidak paham tentang dunia mobil, maka Anda harus berhati – hati jika membeli mobil bekas karena dikhawatirkan Anda harus membayar harga yang mahal untuk kualitas mobil yang tidak sesuai.

Karena itu, jika diantara Anda ada yang berniat beli mobil bekas, baiknya Anda pahami dulu cara cek kondisi mobil agar tidak tertipu atau tidak tergoda begitu saja. Jadi cek dulu sebelum membeli. Anda bisa ikuti tips dan trik yang kami berikan berikut ini!

Cara Cek Kondisi Mobil Bagi yang Beli Mobil Bekas

Periksa bagian ruang mesin mobil

Bagi Anda yang beli mobil bekas, tentu mengecek kondisi mobil adalah hal yang penting untuk Anda. Pertama – tama Anda cek ruang mesin mobil. Caranya buka kap mesin dan periksa di sekeliling ruang mesin apakah terdapat cat yang terlihat relatif baru dibandingkan yang lain atau tidak.

Ruang mesin yang pernah dicat ulang merupakan indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Sebabnya bisa macam – macam seperti karena bekas tabrakan atau karena mobil terkena banjir atau karena penyebab yang lain. Karena itu coba cek dan tanyakan penyebabnya.

Periksa kondisi mesin

Pastikan mobil yang akan Anda beli tidak mengalami kebocoran oli atau bahan bakar. Perhatikan juga kondisi fisik mesin. Mobil yang terawat merupakan mobil yang bebas dari kebocoran pada bagian mesin atau di bagian selang – selangnya.

Cara mengetahui hal tersebut juga lumayan mudah. Anda perlu amati dulu satu per satu bagian mesin mobil dan pastikan tidak terdapat rembesan oli atau cairan yang lain. Baiknya Anda perhatikan juga baut dan mur yang ada.

Jika ada baut baru atau baut yang bagian ujungnya dicat, tanyakan ke penjual atau pemiliknya. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk menutupi kekurangan pada mobil yang dijual. Semisal cat digunakan untuk menutupi bagian yang rembes atau yang lainnya.

Cobalah starter mobil tersebut

Ada baiknya Anda harus pastikan bahwa suara mesin mobil masih dalam keadaan halus dan konstan ketika mesin dihidupkan tanpa hentakan gas dan tanpa AC serta piranti audio. Semuanya harus dinonaktifkan dalam pengecekannya.

Anda harus tahu ciri mobil yang sehat dari starternya. Mobil yang sehat atau terawat ketika distarter dari keadaan dingin langsung akan konstan menyala dan tidak sampai tersendat – sendat. Jika memang tersendat, maka kemungkinan aki mobil mengalami masalah atau mobil jarang diservis secara rutin dan berkala sehingga terdapat kotoran yang menyumbat kinerja mesinnya.

Pahami suara mesin mobil tersebut

Ketika mesin dalam kondisi dingin dan baru pertama kali Anda hidupkan, baiknya Anda perhatikan benar seperti apa suara mesinnya. Dengarkan apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin. Sebagai contoh suara yang bisa masuk ke dalam kategori tidak wajar adalah suara gesekan plat besi, suara ketukan dari dalam mesin ketika digas atau yang lainnya.

Perhatikan indicator dan speedometernya

Ketika Anda menghidupkan mesin, baiknya Anda perhatikan bahwa setiap lampu indicator apakah semanya menyala atau tidak. Ada banyak lampu indikator kondisi mesin di bagian dashboard seperti oli dan temperature. Anda harus pastikan semuanya.

Cobalah Anda gas secara perlahan, kemudian lepas dan perhatikan turunnya jarum RPM. Anda harus pastikan bahwa jarum RPM dalam kondisi stabil turun naik. Jika Anda dapati kondisinya tidak stabil, itu artinya mesin mobil sedang mengalami masalah. Itulah beberapa cara cek kondisi mobil bagi Anda yang membeli mobil bekas agar Anda tidak sampai mendapatkan mobil yang kualitasnya kurang baik. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.


Like it? Share with your friends!

0
Ngebut

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *