Istilah custom motor pasti sudah tidak asing bagi pengendara motor. Banyak orang melakukan custom pada motornya karena ingin agar motor tersebut terlihat lebih keren. Hanya saja kebanyakan aktivitas custom membuat motor jadi lebih boros bahan bakar. Lantas, adakah tips agar motor custom irit bahan bakar?
Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan custom motor dan ingin agar motor tersebut tetap irit bahan bakar, di sini kami akan bagikan informasinya. Jadi simak baik – baik ya!
Tips Motor Custom Irit Bahan Bakar
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengcustom motor jika ingin custom motor tidak gagal dan bahkan menjadi jauh lebih irit bahan bakar.
Beberapa tips agar motor custom irit bahan bakar di antaranya :
Perhatikan ukuran ban motor
Banyak orang suka mengcustom mobil dengan mengganti bannya. Harus Anda tahu bahwa mengcustom ban dapat mengubah konsumsi bahan bakarnya.
Ban yang berukuran lebih besar atau bahkan lebih kecil dari seharusnya dapat membuat tenaga yang dikeluarkan motor ketika melenggang jauh lebih besar juga. Akibatnya motor harus mengonsumsi bahan bakar yang lebih besar.
Oleh karena itu, jika berniat mengganti ban ada baiknya Anda mengganti ban sesuai ban ukuran normal atau paling besar naik 1 ukuran saja dari ukuran standarnya guna menyiasati agar motor tidak terlalu boros.
Jika melakukan bore up, pastikan mengganti ECU
Banyak bikers yang memodifikasi motornya dengan melakukan bore up. Hanya saja sayangnya bore up pada motor justru membuat motor jadi lebih cepat panas dan boros bensin.
Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan bahwa ketika bore up dilakukan Anda juga melakukan penggantian terhadap ECU atau injektor supaya motor custom irit bahan bakar.
Hindari melakukan penggantian gir terlalu kecil
Melakukan penggantian gir set menjadi jauh lebih kecil seringkali dilakukan ketika motor dicustom. Penggantian gir set menjadi ukuran yang lebih kecil memang terasa menarik, namun justru hal ini dapat membuat tarikan motor menjadi lebih enteng sehingga bensin bisa keluar lebih banyak dan boros. Jadi jika ingin mengcustom motor dan tetap irit bahan bakar, hindari melakukan hal ini.
Perhatikan cara Anda memasang knalpot
Banyak pecinta motor custom mengganti knalpotnya agar motor terlihat lebih gagah atau keren. Biasanya pilihan knalpot pecinta motor custom adalah knalpot racing.
Namun memasang knalpot racing untuk menggantikan knalpot standar bukan tidak ada risikonya. Setelah knalpot standar diganti dengan tipe knalpot racing, knalpot akan sering terputar berulang – ulang. Akibatnya gas menjadi tidak lagi stabil.
Karena gas yang ditarik tidak lagi stabil karenanya motor akan menguras bensin lebih banyak dari sebelumnya. Jika Anda masih tidak rela dengan konsekuensi ini, pastikan untuk menghindari ganti knalpot menjadi knalpot racing. Lebih baik Anda modifikasi atau mengcustom motor pada bagian yang lain.
Jangan lupa mengatur kerapatan klep
Klep atau valve merupakan komponen pada motor yang fungsinya adalah untuk mengatur campuran udara dengan bahan bakar yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran mesin motor. Dianjurkan Anda mengatur supaya klep ini memiliki bukaan yang sempit.
Dengan mengatur agar bukaan klep lebih sempit, maka semburan bahan bakar yang masuk ke ruang bahan bakar mesin juga akan lebih kecil sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi jauh lebih irit.
Namun jangan terlalu kecil atau sempit juga karena hal tersebut membuat motor tidak bisa mendapatkan tenaga sehingga lebih mudah ngadat atau macet. Jadi pastikan posisinya masih tetap ideal ya dalam mengatur kerapatan klep ini.
Atur bagian pelampung karburator
Sebelum bahan bakar minyak masuk ke ruang bahan bakar mesin, biasanya akan ditampung dahulu pada komponen karburator.
Nah, komponen karburator tersebut memiliki pelampung. Bagian pelampung karburator ini akan berfungsi untuk mengatur seberapa banyak bensin yang akan masuk ke bagian reservoir motor. Semakin sempit ruang yang diciptakan oleh pelampung, maka bahan bakar yang masuk ke ruang mesin juga akan semakin sedikit sehingga motor bisa jadi lebih irit.
Namun sebaliknya, semakin besar ruang yang diciptakan pelampung maka bahan bakar yang masuk ke ruang mesin juga akan lebih besar. Jadi pastikan hal ini diperhatikan jangan sampai kelupaan.
Sebagai catatan yang harus diingat juga bahwa pengaturan pelampungnya harus presisi. Anda perlu mengatur dengan menurunkan sejauh 1 – 2 mm saja jangan berlebihan karena kalau terlalu berlebihan akan membuat mesin motor kekurangan pasokan. Itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam budaya custom motor agar bisa irit bahan bakar. Semoga tips motor custom irit bahan bakar di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat khususnya bagi Anda yang berniat melakukan custom.